Home » Inilah Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang AC

Inilah Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang AC

Inilah Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang AC

Menggunakan AC memang mengakibatkan pembengkakan pemakaian listrik, namun sepertinya kenyamanan lebih penting. Tak heran banyak yang memasang AC di setiap rumah, bahkan jika rusak langsung menghubungi jasa service AC.

Indonesia sebagai negara beriklim tropis umumnya memiliki suhu 27 derajat – 34 derajat celcius. Inilah yang menyebabkan banyak rumah menggunakan AC untuk mendinginkan ruangan.

Memasang AC sebenarnya sah-sah saja, justru Anda harus tetap memperhatikan beberapa hal penting sebelum memasangnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memasang AC

  1. Cek Daya Listrik

Ada baiknya untuk mengecek daya dan instalasi listrik sebelum memasang AC. Daya listrik yang dibutuhkan untuk sebuah AC memang cukup besar.

Pastikan daya listriknya cukup karena dikhawatirkan terjadi overload pada kabel. Pada gilirannya kabel bisa saja mengalami korsleting dan berakibat fatal.

  1. Perhatikan PK Atau Satuan Kapasitas AC

PK AC yang dipilih akan berpengaruh pada listrik, umumnya PK yang digunakan untuk ruangan seluas 18m2 adalah 1PK. Semakin besar PK, maka kemampuan mendinginkan ruangan semakin cepat, sayangnya daya listrik juga besar.

  1. Memilih AC Inverter

AC Inverter diklaim lebih hemat digunakan pada ruangan tertutup atau tidak banyak aktivitas keluar masuk. AC Non-inverter juga tetap hemat asalkan perhitungan PK dan penyetelan suhunya tepat, mintalah jasa service AC untuk mengatur suhu.

AC Non-inverter direkomendasikan untuk ruangan yang sering terbuka.

  1. Tutup Lubang Ventilasi

Ruangan yang memiliki ventilasi atau jendela sebaiknya ditutup dengan karton atau plastik. Tujuannya untuk meningkatkan efisiensi AC agar tidak tercampur dengan udara panas dari ventilasi atau jendela.

  1. Fitur Kesehatan Bagi Tubuh

Pilihlah AC yang menawarkan fitur kesehatan seperti plasma filter, plasmacluster, nanoe-g dan lainnya. Fitur tersebut dipercaya bisa mencegah pertumbuhan virus, bakteri dan jamur berbahaya.

  1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Ada beragam jenis, tipe, merk dan harga AC yang bisa Anda pilih, sebaiknya cari informasi yang lengkap mengenai AC. Pastikan membeli AC sesuai kebutuhan ruangan Anda.

  1. Atur Suhu AC

Suhu AC bisa berada di 22 derajat, atur juga kecepatan kipas pada posisi medium. Rutinlah cuci filter AC agar kualitas udara yang dihasilkan tetap terjaga.

Jika terjadi kendala pada AC sebaiknya hubungi jasa service AC agar ketahuan sumber kendalanya.