Tips Cara Perawatan AC Rumah Agar Tetap Awet

AC sebagai alat pendingin ruangan memang memerlukan perawatan yang tidak main-main. Sebagai alat yang krusial bagi sebagian masyarakat, tentunya banyak beragam jenis AC yang ditawarkan oleh produsen. Kali ini akan dibahas mengenai cara perawatan AC rumah yang biasa digunakan oleh sebagian besar masyarakat.

Penggunaan AC yang terlalu sering, terkadang berpengaruh pada usia ekonomis dari AC tersebut. Terlebih jika Anda tipe orang yang sering menggunakan AC lebih dari waktu normal, yaitu 5 jam sehari maka akan terlihat perbedaan usia ekonomis dari AC tersebut.

Untuk itu. agar tetap awet ketika sering digunakan maka Anda harus memperhatikan beberapa tips cara perawatan AC rumah yang akan dibahas berikut ini.

4 Cara Perawatan AC Rumah Terbaik

Untuk menjaga keawetan AC rumah yang Anda miliki, maka tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa tips cara perawatan AC rumah berikut ini. Setidaknya terdapat 4 tips cara perawatan AC rumah yang bisa Anda coba sendiri untuk menjaga agar AC Anda tetap awet. Untuk lebih jelasnya, berikut akan dibahas satu per satu.

1.      Gunakan Fitur Timer Ketika Menyalakan AC

Seperti manusia, mesin juga membutuhkan waktu istirahat. Usahakan ketika Anda menggunakan AC, aktifkan fitur timer agar AC tetap terjaga keawetannya. Perlu Anda ketahui, rata-rata waktu penggunaan AC hanyalah 5 jam saja.

Setelahnya AC memerlukan waktu untuk mendinginkan mesinnya yang bertujuan agar mesinnya tetap awet. Jika saat ini Anda sering menggunakan AC diatas waktu normal, maka perlu Anda kurangi kinerja AC tersebut mulai dari sekarang.

2.      Bersihkan AC Secara Berkala

Sirkulasi udara AC yang hanya berputar saja dalam suatu ruangan tertentu, hal tersebut menyebabkan banyak masalah debu menumpuk yang sering ditemui.

Untuk itu, Anda perlu untuk membersihkan AC secara rutin. Sebagai bagian dari prosedur cara perawatan AC rumah, maka Anda harus senantiasa mengikuti SOP yang ada agar tetap terjaga keawetannya sesuai dengan standar yang ada.

3.      Nyalakan AC dalam Keadaan Ruangan Tertutup

Untuk menjaga kenyamanan Anda ketika menggunakan AC, maka usahakan untuk menyalakannya dalam keadaan ruangan tertutup. Selain agar sirkulasi udara yang dihasilkan bisa maksimal, hal tersebut juga untuk menjaga agar kinerja AC tidak terlalu terforsir karena luasnya ruangan yang dilingkupinya.

Apabila Anda menginginkan sirkulasi udara dari AC melingkupi area yang lebih luas, maka Anda perlu mendiskusikan jenis AC yang akan Anda pasang. Disini Anda bisa memilih untuk mempergunakan jenis AC Central, misalnya.

4.      Lakukan Pengecekan Kinerja AC Secara Rutin

Bagian terpenting dari SOP penggunaan AC yaitu melakukan pengecekan secara rutin dan berkala untuk menjaga kualitas AC tersebut. Standar pengecekan AC yaitu berkisar antara 6 bulan sekali.

Namun, ketika Anda merasa bahwa kinerja AC kurang optimal dibandingkan dengan biasanya tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan awal melalui teknisi yang kompeten dibidangnya. Untuk selanjutnya, Anda bisa melakukan pengecekan kinerjanya pada teknisi setiap minimal sekali dalam dua atau tiga bulan.

Itu dia beberapa tips dan trik dari penyedia jasa service AC Jakarta mengenai cara perawatan AC rumah agar tetap terjaga keawetannya. Bisa jadi urutan antar prosedur tadi tidak runtut ketika di lapangan, namun perlu Anda sesuaikan dengan kondisi AC tersebut.

Hal terpenting yang perlu Anda tekankan yaitu selalu diskusi dengan teknisi yang ahli dibidangnya untuk memastikan normal tidaknya kinerja AC yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.