Cara Perawatan AC Split dengan Mudah dan Murah

AC atau Air Conditioner merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur suhu ruangan agar tetap sejuk walaupun cuacanya sangat panas sekalipun.

Terdapat berbagai macam jenis AC yang beredar di pasaran, namun jenis AC split ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar sehingga tidak memakan banyak tempat, hemat listrik, dan sebagainya.

Selain itu, AC Split juga cocok untuk digunakan di ruangan apa saja, seperti ruang kantor, kamar, ruang tamu, dan sebagainya.

Disamping itu, dikarenakan cakupan sirkulasinya sempit maka suhu ruangan yang dihasilkan pun bisa maksimal. Namun, terkadang terdapat hambatan berupa kurang maksimalnya kinerja dari AC yang kita miliki. Hal tersebut bisa dikarenakan kurangnya perawatan yang dilakukan atau karena faktor umur ekonomis dari AC tersebut.

AC yang perawatannya kurang baik, cenderung cepat rusak. Kerusakan yang biasa terjadi yaitu baling-balingnya macet karena terhalang oleh debu.

Tak heran jika sudah demikian, maka muncul faktor lainnya berupa harga yang tidak sedikit nominalnya untuk perbaikan.

Sekali memperbaiki AC yang rusak, bisa memakan biaya lebih dari Rp. 500.000. Agar kinerja AC tetap optimal walaupun dengan harga yang murah, terdapat beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Untuk lebih jelasnya, berikut akan disajikan beberapa tips cara perawatan AC split yang mudah dan murah.

3 Langkah Mudah Cara Perawatan AC Split

Apakah saat ini Anda merasa kesulitan ketika melakukan perawatan terhadap AC yang Anda miliki? Jika jawabannya adalah iya, maka tidak ada salahnya untuk menyimak artikel berikut ini.

Bagi Anda para pengguna AC tentunya memiliki beberapa tips yang sudah biasa Anda aplikasikan pada AC milik pribadi. Berikut referensi tambahan mengenai cara perawatan AC split yang mudah dan murah. Yuk simak pembahasannya berikut ini.

1.      Senantiasa Mengecek Kondisi AC Secara Berkala

Ketika Anda menggunakan AC setiap harinya, tentu Anda bisa merasakan apabila sewaktu-waktu kinerjanya kurang optimal. Apabila hal tersebut terjadi, maka bisa dipastikan jika ada sesuatu yang tidak beres dengan AC Anda.

Untuk itu kenali terlebih dulu penyebabnya melalui berbagai analisa. Jika dirasa terlalu berisiko apabila Anda mengecek sendiri, maka panggillah jasa teknisi yang bisa mempermudah kerja Anda.

2.      Bersihkan Filter Udara Secara Rutin

Dikarenakan kinerja AC berkaitan dengan penyaringan udara, maka bisa dipastikan jika salah satu bagiannya bekerja dengan keras. Filter udara memiliki andil yang cukup besar dalam hal ini, sehingga pengecekan secara berkala penting dilakukan.

Bersihkanlah bagian tutup depan sampai bersih, dan ambillah bagian filter didalamnya. Bersihkan dengan air dan sabun hingga bersih untuk menghindari kualitas penyaringan udara yang buruk.

3.      Service Rutin Minimal Sekali dalam 2 atau 3 Bulan

Untuk pelaksanaan service tersebut, Anda bisa melakukannya sendiri atau melalui jasa yang menyediakannya. Pada dasarnya service AC terbagi menjadi dua bagian, yaitu service AC bagian dalam (unit indoor) dan service bagian luar (unit outdoor). Masing-masing bagian memiliki langkah-langkah yang berbeda.

Bagaimana? Sudahkah Anda mengetahui kiat-kiat untuk merawat AC split yang dimiliki dengan mudah dan murah. Jika kurang jelas, perbanyaklah referensi pendukung lainnya atau bisa juga menghubungi teknisi yang ahli di bidangnya.

Itu dia, beberapa cara perawatan AC split dari jasa service AC di Jakarta, semoga dapat dijadikan referensi bagi Anda yang sering menggunakan perangkat tersebut. Semoga bermanfaat.