Home ยป Cara Perawatan AC Baru Agar Awet dan Tetap Dingin

Cara Perawatan AC Baru Agar Awet dan Tetap Dingin

Tips Memilih Layanan Service AC Jakarta Terpercaya

AC atau air conditioner saat ini merupakan salah satu benda yang mungkin wajib untuk dimiliki dan harus ada di setiap rumah, khususnya daerah perkotaan. Tinggal di daerah dengan iklim tropis memang sangat membutuhkan AC sehingga bisa membantu membuat udara menjadi dingin.

Dengan udara yang menjadi dingin, maka kegiatan yang dilakukan sehari-haripun menjadi lebih nyaman. Nah, bagi anda yang baru saja membeli AC untuk hunian anda, sangat disarankan untuk mengetahui cara perawatan AC baru agar selalu awet dan tetap dingin meskipun seringkali digunakan.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan AC mengalami kerusakan, baik itu dari komponen maupun dari faktor eksternal. Rusaknya AC bisa dikarenakan kebiasaan buruk saat menggunakan AC. Melakukan perawatan AC baru memang susah-susah gampang. Oleh sebab itu, simak bagaimana cara melakukan perawatan AC berikut ini :

  1. Gunakan Timer

Dengan menggunakan fitur timer, maka AC akan mati secara otomatis sehingga tidak akan menimbulkan kerugian ketika anda lupa atau terburu-buru sehingga tidak sempat untuk mematikan AC. Disarankan untuk menyalakan AC maksimal selama 5 jam dalam satu kali pemakaian dan setelah itu biarkan mesin beristirahat selama beberapa saat sebelum digunakan kembali.

  1. Rutin Membersihkan Filter AC

Kondisi filter AC dengan debu yang menumpuk akan menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu dan cepat rusak. Disarankan untuk rutin membersihkan filter setiap satu bulan sekali jika AC digunakan setiap hari.

  1. Bersihkan Kumparan Kondensor AC

Kumparan merupakan salah satu komponen yang wajib untuk diperhatikan selain komponen filter pada AC. Kondisi kumparan yang kotor bisa mengurangi kemampuan AC untuk menyerap panas sehingga menyebabkan AC kelebihan beban dan bisa mengakibatkan korsleting.

  1. Periksa Termostat

Memeriksa pengatur suhu berfungsi untuk memastikan AC sedang bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruangan tetap stabil. Disarankan untuk mengatur termostat pada suhu yang lebih tinggi jika sedang tidak ada banyak orang dan matikan AC jika tidak ada siapapun di dalam ruangan.

  1. Rutin Mengecek Kipas

Memastikan kipas masih berada dalam kondisi bagus dan rutin mengganti pisau kipas merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan juga. Segera ganti pisau kipas jika terdapat retakan atau bagian yang pecah.

Nah, itu dia beberapa cara perawatan AC baru agar selalu awet dan tetap dingin meskipun seringkali digunakan. Jika anda rajin melakukan hal-hal di atas, maka akan bisa dipastikan AC bisa bertahan sangat lama sehingga anda tidak perlu untuk mengganti AC dengan AC yang baru karena masih berfungsi dengan baik dan masih bisa menghasilkan udara dingin yang menyejukkan.