Ketahui 4 Komponen Utama Pada Chiller

Ketahui-4-Komponen-Utama-Pada-Chiller

Chiller merupakan sebuah alat yang memiliki cara kerja mendinginkan air pada bagian evaporatornya. Chiller sendiri memiliki empat komponen utama, yaitu kompresor, kondensor, katup expansi, dan evaporator.

Masing-masing bagian memiliki fungsi masing-masing. Jika ada bagian yang mengalami kerusakan, maka harus menghubungi jasa service chiller untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Lantas, apa saja komponen utama pada chiller?

Ini Dia, 4 Komponen Utama Yang Menyusun Chiller

  1. Kompresor

Kompresor pada chiller sama halnya dengan kompresor yang ada pada AC. Komponen ini merupakan jantung dari sistem refrigasi yang memiliki fungsi sebagai sirkulasi refrigent dalam chiller.

Selain itu, bagian ini juga dapat menghisap uap yang berasal dari refrigerant supaya titik embun menjadi naik diatas temperatur medium pendingin. Apabila terdapat kendala pada kondensor bisa hubungi service chiller.

Berdasarkan mekanisme gerakannya terdapat beberapa macam kompresor pad chiller, yaitu reciprocating compressor, twin screw compressor, rotary compressor, dan centrifugal compressor.

  1. Kondensor

Komponen ini merupakan komponen yang memiliki fungsi untuk memindahkan panas yang berasal dari sistem refrigerasi ke media pendingin.

Selanjutnya panas yang dihasilkan bagian kondensor akan diserap oleh media seperti air atau udara yang akan mengubah uap refrigerant menjadi embun yang cair.

Berdasarkan media pendinginnya, komponen ini terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kondensor yang menggunakan pendingin udara, kondensor yang menggunakan pendingin air, dan juga kondensor yang menggunakan kedua unsur air dan udara.

  1. Katup expansi

Bagian ini memiliki fungsi penting yaitu untuk menurunkan tekanan yang ada pada refrigerant. Pada katup ini terjadi perubahan dari tekanan tinggi menjadi tekanan rendah.

Selain itu juga katup expansi memiliki fungsi untuk mengontrol refrigerant yang biasanya masuk ke evaporator. Bagian inilah yang merupakan tempat bagi proses pendinginan refrigerant. Jika katup ini mengalami masalah service chiller bisa menjadi solusi.

Terdapat enam macam katup expansi, meliputi choke tube, thermostatic expantion value, automatic expantion value, hand operated needle value, low preassure side value, dan high preassure side value.

  1. Evaporator

Evaporator merupakan salah satu komponen yang ada pada chiller yang berfungsi sebagai tempat menguapnya refrigerant, sehingga panas dapat diserap baik melalui air, udara dan lain sebagainya.

Berdasarkan media atau bahan yang didinginkan, evaporator chiller terbagi menjadi tiga macam, yaitu air cooled. Liquid cooled dan evaporator yang dapat membuat es secara langsung.

Itu dia berbagai komponen utama pada chiller. Jika terjadi kendala pada komponen tertentu pada chiller, segera hubungi pihak jasa service chillerĀ agar bisa diperbaiki secepatnya.