Cara Memperbaiki Mesin Cuci yang Rusak

jasa-service-mesin-cuci-jakarta

Mesin cuci Anda tidak bisa berputar? Atau sering terdapat genangan air di sekitar mesin cuci? Anda tidak perlu khawatir.

Segera Anda lakukan pengecekan dan memperbaiki mesin cuci. Proses perbaikan sebaiknya segera dilakukan agar Anda bisa kembali mencuci pakaian dengan lancar.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Yang Rusak Dengan Mudah

Sering terjadi masalah pada mesin cuci dengan banyak faktor penyebabnya. Agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah, sebaiknya Anda mengecek dan memperbaiki mesin cuci Anda.

Jika kerusakan terjadi karena hal kecil, maka segera Anda perbaiki sendiri. Namun jika kerusakan yang besar dan Anda tidak tahu bagian mana yang mengalami kerusakan, sebaiknya Anda memanggil service mesin cuci. Berikut ulasan mengenai cara memperbaiki masalah mesin cuci yang sering terjadi.

Mesin Cuci Tidak Dapat Berputar

Salah satu masalah yang sering dijumpai pada mesin cuci yaitu mesin cuci tidak dapat berputar. Jika hal ini terjadi, tentunya mencuci pakaian menggunakan mesin cuci menjadi terhenti dan terhambat, dan Anda harus segera memperbaiki mesin cuci.

Kerusakan ini tidak hanya terjadi pada mesin cuci semi otomatis, tapi juga bisa terjadi pada mesin cuci otomatis atau tipe lainnya.

Kerusakan mesin cuci karena mesin tidak bisa berputar diakibatkan oleh banyak faktor, seperti banyaknya pakaian yang masuk ke dalam tabung dan melebihi kapasitas mesin cuci.

Hal tersebut menyebabkan mesin lambat untuk berputar bahkan mesin tidak dapat berputar bolak-balik, dan jika sudah di batas yang maksimum, mesin tidak berputar sama sekali.

Jika disebabkan oleh hal tersebut, Anda bisa mengatasinya dan memperbaiki mesin cuci sendiri dengan cara segera matikan mesin cuci, kemudian buka penutup mesin cuci, dan kurangi pakaian di dalam tabung.

Jika sudah dikurangi namun belum bisa berputar, maka anda harus mengosongi tabungnya terlebih dahulu dan Anda bisa menyalakan mesin cuci lagi untuk mengecek mesin bisa berputar atau tidak. Jika mesin masih tidak bisa berputar, maka terdapat kesalahan lain pada mesin cuci Anda.

Komponen Mesin Cuci Rusak

Faktor lain yang menyebabkan mesin cuci tidak dapat berputar yaitu karena timer yang rusak, dan as yang macet. Jika demikian, maka Anda membutuhkan jasa service mesin cuci untuk memperbaiki mesin cuci.

Karet vanbelt pada mesin cuci yang lama sering kendor, namun anda dapat mencoba untuk menggeser dinamo atau mengganti karet vanbelt yang baru.

Timer yang rusak biasanya terjadi karena putusnya kabel dan tandanya mesin tidak berputar atau hanya berputar satu arah saja.

Faktor lain yaitu as yang macet atau mati, Anda bisa mengatasinya dengan cara membersihkan dinamo atau menggantinya dengan yang baru.

Mesin Cuci Mengalami Kebocoran

Kebocoran juga sering terjadi pada mesin cuci. Untuk memperbaiki mesin cuci karena kebocoran, Anda bisa menanganinya sendiri.

Kebocoran biasanya terjadi karena banyaknya busa di dalam tabung saat proses pencucian pakaian berlangsung. Bahkan kebocoran ini menyebabkan lantai ada basah dan kebanjiran. Anda dapat mengatasinya dengan menambahkan cuka putih ke dalam cucian.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi busa yang meluap dan menyebabkan kebocoran. Anda juga dapat menggunakan detergent dengan takaran yang pas, sehingga busa yang dihasilkan tidak berlebih.

Cara lain untuk mengatasi mesin cuci tidak bisa berputar atau kebocoran pada mesin cuci yaitu Anda dapat mengganti selang atau mengganti segel pada bantalan mesin.

Itulah ulasan mengenai cara memperbaiki mesin cuci yang disebabkan berbagai faktor. Jangan sampai salah tindakan dalam memperbaiki mesin cuci dan kenali mesin cuci Anda dengan cermat. Selamat mencoba ya.