Cara Cuci AC Rumah Sendiri

AC atau air conditioner merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang penting, terlebih untuk rumah yang berada di wilayah bersuhu panas dan banyak polusi udara, seperti ibukota Jakarta. Sebagian orang menganggap AC adalah solusi terbaik untuk menciptakan oksigen yang lebih banyak.

Akan tetapi, hanya sebagian kecil pemilik AC saja yang melakukan perawatan AC secara rutin. Padahal merawat dan membersihkan AC sangatlah penting untuk menghindari kerusakan.

Perawatan dan pembersihan AC dapat Anda lakukan sendiri di rumah saat senggang. Cara cuci AC rumah kini dapat Anda terapkan. Jadi Anda tidak perlu mengundang teknisi service AC dan mengeluarkan biaya.

AC yang bekerja setiap hari akan mengandung banyak debu, sehingga apabila tidak dibersihkan, udara yang dikeluarkan pun menjadi tidak sehat. Selain itu, AC yang jarang dibersihkan akan menurunkan beberapa fungsi dari komponen yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, jangan menyepelekan hal ini.

Cara Cuci AC Rumah Yang Mudah dan Praktis

Jika Anda memiliki banyak waktu luang di rumah, manfaatkan waktu tersebut untuk hal-hal berguna. Mencuci AC adalah salah satunya. Cara cuci AC rumah di bawah ini dapat menjadi panduan Anda. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Baca buku panduan

Pastikan Anda telah membaca buku panduan membersihkan AC terlebih dahulu. Buku panduan tersebut Anda dapatkan saat pembelian AC.

Oleh karena itu, simpanlah dan pelajari hal-hal yang perlu dipersiapkan saat mencuci AC. Buku panduan tersebut sangat penting keberadaannya untuk menghindari kesalahan ketika perawatan. Jadi, jangan sepelekan bagian ini.

  1. Matikan sambungan listrik

Sebelum mencuci AC rumah Anda, pastikan Anda matikan dan cabut sambungan listrik yang terhubung ke AC. AC memiliki tegangan listrik yang tinggi yang berbahaya jika tersentuh kulit manusia.

Hal ini penting untuk menghindari adanya korsleting listrik dan menghindarkan Anda dari hal-hal berbahaya.

  1. Bersihkan bagian cover AC

Lanjutkan dengan membersihkan bagian penutup AC terlebih dahulu dengan menggunakan kemoceng. Pakailah masker untuk menghindari debu yang beterbangan.

Lalu, lap bagian cover dengan lap setengah basah agar benar-benar bersih dan tidak menyisakan debu. Lap kembali dengan lap kering untuk menghilangkan bekas-bekas uap air yang menempel.

  1. Membersihkan debu pada filter AC

Bersihkan filter AC menggunakan vacum cleaner atau kuas kecil untuk membersihkan debu yang ada pada filter AC, cuci bersih filter menggunakan air dan sabun. Bilas dengan bersih, kemudian keringkan di bawah sinar matahari langsung dengan menyandarkannya di dinding atau rak.

  1. Bersihkan bagian lain

Bagian AC lainnya yang tak luput harus dibersihkan ialah kumparan evaporator dan kipas. Gunakan cairan khusus yang dapat Anda beli di toko elektronik khusus atau toserba.

Untuk membersihkan bagian ini, gunakan alas seperti kain untuk mewadahi cairan dan kotoran yang tercecer ke lantai karena cairan berbentuk semprot. Lakukan penyemprotan dengan hati-hati dan ikuti petunjuk pembersihan yang ada pada panduan.

  1. Bersihkan bagian outdoor

Bagian outdoor AC juga perlu untuk dibersihkan karena mengandung debu. Lakukan penyemprotan secara menyeluruh dan perlahan. Hindari area yang terhubung dengan listrik langsungĀ  agar tidak tersengat.

Jika masih terasa kotor, semprot dengan tekanan agar semua kotoran membandel terangkat dan AC kembali bersih.

Demikianlah cara cuci AC rumah yang mudah dan praktis dilakukan. Jika Anda ingin AC terawat, lakukan pembersihan secara rutin. Ini akan memperpanjang umur AC Anda dan akan dapat menghemat pengeluaran Anda.